JENIS JENIS KAYU GAHARU

28 Oktober 2016

Kayu Gaharu adalah kayu resin dan memiliki aroma wewangian. Hal itu dihasilkan dari kontaminasi yang dialami pohon gaharu dengan jamur. Kayu gaharu telah diperdagangkan selama ribuan tahun sebagai aromatik, pengobatan tradisional, dan upacara agama/budaya. Perdagangan gaharu banyak diminati oleh pasar di Timur Tengah dan Asia Timur. Kayu gaharu berawal di India dan memperluas ke arah Timur ke Papua. Karena penipisan sumber daya di beberapa negara, permintaan di Papua meningkat tajam sebagai sumber daya Gaharu dan Indonesia menjadi negara paling banyak memiliki kayu gaharu.

Kayu Gaharu Indonesia tersebar diberbagai wilayah di Indonesia. Untuk jenis eksport indonesia gaharu di bagi menjadi dua kategori :

CITES, kuota eksport untuk gaharu Aquilaria Malaccensis jenis ini di panen dari povinsi Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, dan Nusa Tenggara (total untuk tahun 2002:75ton)
Non-CITES kuota ekspor untuk Aquilaria Filaria, yang dipanen dari provinsi Papua (irian Jaya) dan Maluku (total untuk tahun 2002:125ton)

Di indonesia gaharu non-CITES mengasumsikan semua gaharu di panen dari papua berasal dari spesies Aquilaria Filaria. Namun, hasil survey lapangan di provinsi Papua bagian selatan pada tahun 2001, TRAFFIC mencatat beberapa nama gaharu yang di temu, yaitu :

Gaharu breringin – Lingkar besar, di temukan di daerah rawa dataran rendah, jauh dari sungai. Kayunya kurang padat, memiliki kandungan air yang tinggi, dan mengandung sedikit minyak setelah dilakukan pengeringan dibandingkan dengan gaharu cabut.
Gaharu cabut – juga dikenal sebagai gaharu asli atau gaharu otentik, diidentitifikasi dari TRAFFIC/ Laporan WWF dari PNG: gaharu berasal dari dalam akar. Gaharu cabut ditemukan di wilaya dekat Amanab (PNG). Gaharu ini dapat dipanen bahkan saat pohon masih kecil.
Gaharu sirsak – habitat gaharu ini ditandai dengan calf-high human.
Gaharu rotan / tali – variasi gaharu dari pendakian/merambat, tetapi tidak menghasilkan produk berkualitas tinggi. Akarnya yang panjang digali untuk mendapatkan kayu resin.
Gaharu buaya – merupakan gaharu yang sangat terkenal di dunia internasional. Setara dengan namanya “buaya”, dengan asal dari status kayu sebagai “gaharu palsu” daripada fakta bahwa pohon ini sering ditemukan didaerah habitat buaya. Gaharu buaya dapat menjadi “hitam” seperti high quality “real” gaharu, memiliki kayu yang kuat dan berbau lebih tajam.

Di Indonesia gaharu CITES terus diteliti oleh TRAFFIC di papua berdasarkan kelompok genus Aquilaria yang menghasilkan bahwa tidak ada perbedaan yang jelas antara spesies ketika diperdangan pada level “produk”. Sistem eksport telah memisahkan Aquilaria Malaccensis dan aquilaria filaria berdasarkan distribusi alam kedua spesies. Terdapat spesies tambahan (A. beccariana, A. microcarpa, A. hirta dan Gyrinops versteegii) dalam CITES kuota ekspor untuk A. malaccensis, dalam sistem manajemen Indonesian yang dilihati dari panen dan ekspor data A. . malaccensis menjadi bingung dengan yang lain jenisnya. Meskipun beberapa pedagang ahli mengklaim bahwa bau saja sudah cukup untuk membedakan antara nilai gaharu tidak individu spesiesnya, untuk kalangan non-ahli akan berusaha mengidentifikasi spesies yang berbeda (di tingkat produk) untuk tujuan penegakan hukum.

Produk yang dihasilkan dari gaharu memiliki pemanfaatan sangat luas yang dipercaya memiliki berbagai khasiat untuk kesehatan dan upacara kebudayaan. Selain itu Kayu garahu dimanfaatkan dalam industri aksesoris dan perabotan kebudayaan lainya disebabkan oleh kepercayaan dan khasiatnya. Corak yang dimiliki kayu gaharu juga memiliki kesan keunikan khusus sehingga banyak di buru oleh kolektor para pencinta gaharu. Gaharu sungguh sangat memiliki nilai sangat tinggi dikomoditi eksport bahkan getah dan limbah kayu garahu yang ada di Indonesia banyak dimanfaatkan untuk membuat dupa dan juga bubuk wewangian untuk aroma terapi.

Jemberhandicraft.co.id menyediakan aksesoris gaharu sebagai gelang, tasbih dan patung hindu yang memiliki khasiat sesuai dengan kepercayaannya masing-masing. Bagi anda yang menyukainya anda bisa membelinya di website pemanfaatan kayu gaharu di jemberhandicraft.co.id. Di website ini anda bisa melakukan penawaran, jika penawaran anda menggiurkan anda bisa mendapatkan deal dengan pihak pengelola. Di website ini anda juga bisa melakukan kerjasama misalkan anda memiliki usaha dibidang yang membutuhkan manik manik dari kayu kayuan yang bemutu tinggi anda bisa mengandalkan jemberhandicraft.co.id sebagai partner kerja anda.

Selain manik atau gelang dari kayu gaharu, anda juga bisa mendapatkan beberapa produk lain seperti manik koral dengan beragam warna, manik dari kayu cendana, genitri, manik atau produk lain dari bahan alam juga.